10 Pantai Terindah di Belitung yang Paling Mempesona

Pulau Belitung ini termasuk bagian dari Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Tak hanya Pulau Belitung saja yang masuk dalam wilayah propinsi tersebut, tetapi juga ada Pulau Bangka. Pulau Belitung sebenarnya sudah sangat populer dan dijadikan destinasi wisata bagi sebagian masyarakat Indonesia dan turis asing. Hal ini dikarenakan pesona dan potensi wisata yang ada di pulau tersebut masih belum terlalu dieksplor secara keseluruhan.
Namun semenjak hadirnya film Indonesia yaitu Laskar Pelangi, kini Belitung mulai dilirik oleh masyarakat sebagai lokasi wisata pantai yang tepat. Hadirnya film tersebut di layar bioskop Indonesia membuat Pulau Belitung menjadi daya tarik tersendiri bagi para traveler yang hobi untuk berwisata.

1. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi adalah pantai sangat terkenal di Pulau Belitung, hal ini dikarenakan pantai tersebut menjadi salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi. Pantai Tanjung Tinggi berada di sebelah utara Belitung dengan jarak tempuh sekitar 37 km dari kota Tanjung Pandan. Pantai Tanjung Tinggi memiliki pasir pantai yang putih bersih, air lautnya sangat jernih, dan terdapat bebatuan granit dengan berbagai ukuran mulai dari yang kecil hingga berukuran besar berada di sekitar pantai.






2. Pantai Tanjung Kelayang

Lokasi dari Pantai Tanjung Kelayang ini berada di sebelah utara Pulau Belitung. Pantai Tanjung Kelayang sama populernya dengan Pantai Tanjung Tinggi serta sama – sama dijadikan sebagai salah satu lokasi syuting Laskar Pelangi. Selain itu Pantai Tanjung Kelayang terdiri dari dua bagian yaitu sebelah barat dengan gugusan batu granit dan sebelah timur berupa hamparan pasir putih yang luas. Para pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas liburan seperti menyelam, berenang, berjemur, memancing, atau hanya sekedar berjalan – jalan santai menyusuri pantai.


3. Pulau Lengkuas

Pu;au Lengkuas ini bisa dibilang termasuk kawasan pulau dengan memiliki pantai sangat indah. Pulau ini berada di sebelah utara Pulau Belitung dengan jarak tempuh sekitar 30 menit saja untuk menyeberang ke pulau tersebut menggunakan perahu. Uniknya, terdapat sebuah mercusuar yang menjulang tinggi berada di tengah Pulau Lengkuas. Menurut informasi yang ada, mercusuar tersebut sudah berdiri sejak tahun 1882. Para wisatawan bisa melihat keindahan pantai dari atas mercusuar.




4. Bukit Berahu

Bukit Berahu ini adalah termasuk pantai pribadi (private beach) perpaduan antara resto dan bungalow atau villa yang terletak di sebuah pantai di Belitung. Bukit Berahu berlokasi dekat dengan Pantai Tanjung Tinggi. Para pengunjung tempat tersebut bisa menikmati keindahan panorama pantai dari atas Bukit Berahu. Keindahan pantai berpasir putih dan laut biru muda jernih akan lebih jelas untuk dilihat. Selain itu jika Anda ingin menikmati suasana pantai secara langsung maka cukup menuruni anak tangga sebanyak 97 buah agar bisa sampai di pantai Bukit Berahu.







5. Pantai Punai

Pantai Punai terletak di sebelah tenggara Belitung yaitu berada di Desa Tanjung Kelumpang. Pantai Punai memiliki hamparan pasir pantai putih dengan bebatuan granit yang berukuran kecil tersebar di sekitar pantai. Suasana Pantai Punai juga cukup tenang dan damai. Jika air laut sedang surut, maka wisatawan bisa berjalan kaki untuk menuju sebah pulau kecil di depan pantai yang bernama Pulau Punai.




6. Pulau Pasir

Pulau Pasir ini adalah sebuah tumpukan daratan yang hanya terdiri dari pasir. Apabila air laut sedang surut, maka tumpukan pasir pantai akan terbentuk seperti pulau. Sedangkan saat air laut pasang, daratan Pulau Pasir akan seluruhnya tenggelam di bawah air laut. Ukuran dari Pulau Pasir tidak terlalu luas,kurang lebih setengah ukuran lapangan sepak bola. Biasanya ada banyak sekali wisatawan yang mampir ke pulau ini dengan menggunakan perahu nelayan untuk menuju Pulau Pasir.







7. Pantai Penyabong

Pantai Penyabong terletak di Kecamatan Membalong, Belitung Selatan. Pantai ini juga dikenal dengan sebutan Pantai Batu Lubang. Terdapat bebatuan garnit di sekitar pesisir pantai sama seperti yang ada di Pantai tanjung Tinggi. Tetapi bedanya adalah bebatuan granit di Pantai Penabong saling menyambung, memanjang dan menjorok ke arah laut. Jadi secara alami membentuk seperti dermaga. Untuk ombak laut pantai ini cukup tenang dan tidak terlalu besar. Sehingga pengunjung bisa dengan aman berenang atau bermain air di tepian pantai.



8. Pantai Nyiur Melambai

Pantai Nyiur Melambai berada di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur. Pantai Nyiur Melambai banyak ditumbuhi oleh pohon pinus di sekitar pesisir pantai, tidak seperti kebanyakan pantai lainnya yang ditumbuhi oleh pohon kelapa. Banyak wisatawan yang sudah berkunjung ke pantai ini untuk menikmati dan menghabiskan waktu liburan dengan melakukan aktivitas seperti berenang atau voli pantai.




9. Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung Pendam adalah salah sartu spot terbaik untuk menikmati pemandangan sunset (matahari terbenam). Lokasi dari pantai ini juga tidak terlalu jauh dari pusat kota Tanjungpandan. Pantai Tanjung Pendam tidak pernah sepi dikunjungi oleh pengujung mengingat lokasinya yang dekat dengan pusat kota dan aksesnya menuju kawasan pantai sangat mudah. Di kawasan Pantai Tanjung Pendam tidak terdapat bebatuan granit seperti pada kebanyakan pantai yang ada di Belitung.




10. Pantai Bebilai

Pantai Bebilai berada di Desa Keciput, Dusun Kelayang, kecamatan Sijuk. Pantai ini juga termasuk pantai yang sangat cocok untuk menikmati panorama sunset. Di sekitar Pantai Bebilai ditumbuhi berbagai macam pepohonan yang unik dan jarang ditemukan di tempa lainnya. Di Pantai Bebilai, para wisatawan bisa berenang di di perairan dangkal sekitar pantai yang sangat jernih dan tenang. Untuk menuju Pantai Bebilai ini bisa menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua hingga roda empat dengan waktu tempuh sekitar 20 menit dari Tanjung Pandan.






Sumber : http://www.wisataterindah.net/10-pantai-terindah-di-belitung






















Komentar

Postingan populer dari blog ini

DAUN SIMPOR

Riwayat Putri Nurjanu / Nibong Belegong